Monday, August 21, 2017

Begini Cara Mengobati Katarak Dengan Menggunakan Bunga Sedap Malam


ResepsehatBunda - Biasanya pada momen-momen istimewa seperti hari raya, banyak orang meletakkan Bunga Sedap Malam dalam sebuah vas bunga, untuk kemudian diletakkan disudut ruang keluarga agar ruangan menjadi harum dan segar.

Sedap malam sangat mudah ditemukan, biasanya tanaman ini dijual berjajar oleh penjual bunga di pasar tradisional, atau di pinggir jalan.

Sedap Malam atau Polianthhes tuberosa diperkirakan berasal dari Meksiko. Harum dan keindahannya memang digemari banyak orang sebagai bunga hias, walaupun tak banyak yang tahu kalau Sedap malam memiliki khasiat yang baik buat kesehatan tubuh.


Banyak khasiat yang bisa kita manfaatkan dari tanaman ini sebagai obat.

Kandungan Minyak atsiri sedap malam dapat ditingkatkan dengan pemberian energi ATP, Fitokimia yang dihasilkan dari daun sedap malam adalah Dehydrohecogenin, 3-O Glucose xylose galactoside, Kameferol 3-O, @-D glucoside, polianthoside B dan C. Tanaman ini memiliki khasiat mengobati bisul, bengkak, katarak, penenang pikiran, susah tidur, meningkatkan stamina, influenza, radang tenggorokan dan rematik.

Resep Penggunaan Sedap Malam sebagai ramuan obat:

1. Bisul dan Bengkak

Akar sedap malam secukupnya cuci sampai bersih, lalau tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Katarak

Bunga sedap malam sekitar 50 kuntum, direbus dengan air 1500 ml sampai mendidih, tunggulah sampai dingin, lalu digunakan untuk cuci mata.

3. Penenang pikiran, susah tidur,dan penambah darah

30 kuntum bunga sedap malam, 15 g kie cie yang bisa dibeli di toko obat cina, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 g jahe, 1-2 buah hati ayam, merica dan garam secukupnya. Panaskan minyak goreng non kolesterol, tumis semua bawang hingga harum, masukkan hati ayam yang sudah dipotong-potong sampai berubah warna, lalu masukkan bahan lainnya tumis hingga layu, masukkan larutan tepung tapioka untuk mengentalkan, masak hingga matang.

4. Meningkatkan stamina

50 kuntum bunga sedap malam, 50 g kacang kapri, 100 g udang, 1 butir telur ayam, 10 g jahe, 2 siung bawang putih. Caranya, tumislah semua bahan dengan minyak non kolesterol tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan. Masak sampai matang.

5. Influenza

20 g akar sedap malam, 15 g jahe, 2 g batang daun bawang putih, dan 600 cc air. Caranya, rebuslah kesemua bahan sampai air sisa separuhnya. Untuk 2 kali minum.

6. Radang tenggorokkan

20 g akar sedap malam, 25 g sambiloto segar dan 600 ml air, kemudian semua bahan direbus sampai sisa setengah airnya. saring dan untuk diminum 2 kali sehari.

7. Reumatik

30 g akar bunga sedap malam, 20 g jahe merah , gula merah secukupnya dan 400 ml air rebus sampai mendidih, kemudian disaring dan dibagi menjadi 2 bagian untuk diminum 2 kali dalam sehari.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

No comments:

Post a Comment