Monday, August 21, 2017

Angsana Bisa Digunakan Sebagai Obat Alami Batu Ginjal, Bisul dan Sariawan..!! Begini Cara Buatnya..


ResepsehatBunda - Angsana dalam nama latin disebut Pterocarpus indicus Wild.

Biasanya agsana ini ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman penghias halaman rumah. Karena Angsana memiliki bunga yang cantik makanya digemari masyarakat.

Tak hanya itu Angsana juga secara tradisional bisa digunakan sebagai obat alami beberapa penyakit ringan maupun berat.


Angsana dapat digunakan menjadi obat karena tumbuhan ini mengandung beberapa zat berkhasiat diantaranya pada biji dan daunnya mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri. Getah dikenal dengan nama Kino mengandung asam Kinotanat dan zat warna merah.

Khasiat Angsana untuk pengobatan

Tanaman Angsana (Pterocarpus indicus Willd) atau yang akrab dikenal sebagai Sonokembang, juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi bisul yang muncul.

Mengobati sariawan dengan cara, ambil Kulit kayu Angsana 4 gram, Daun Saga segar 4 gram, Daun Sirih segar 3 helai, dan Air 115 ml.

Bila butuh tambahkan juga 10 gram gips pada beningan, didiamkan beberapa saat, lalu disaring dan diambil bagian beningnya. seterusnya berkumurlah dengan resep diatsa tiap 3 jam sekali, tiap kali pakai 50 ml, bila perlu dapat diencerkan dengan air.

Mengobati penyakit ginjal dengan cara, ambil Kulit kayu Angsana 3 gram; Daun Keji beling 2 gram; Daun Kumis kucing 4 gram; Air 115 ml lalu minum 1 kali sehari 100 ml.

Bila batu telah keluar, baik berupa kristal maupun air kencing yang keruh atau air kencing yang berbuih maka pemberian jamu dihentikan. Kemudian dilanjutkan minum teh daun Kumis kucing 6% dalam air. 6 gram daun Kumis kucing diseduh dengan air mendidih sebanyak 100 ml. Diminum seperti kebiasaan minum teh.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

No comments:

Post a Comment