Sunday, January 8, 2017

PENTING DIBACA! Main Handphone Sebelum Tidur Bisa Sebabkan Kebutaan! Bagikan Info ini Ke Kerabat, Teman, dan Saudara yang Suka Main Handphone di Malam Hari


ResepsehatdariBunda - Anda atau teman Anda suka bermain handphone di malam hari? Hentikan hal itu mulai sekarang! Karena hal itu dapat menyebabkan kebutaan. Peristiwa kebutaan ini telah menimpa dua orang wanita yang dilaporkan mengalami kebutaan sementara setelah memainkan telepon seluler sambil tidur-tiduran di dalam ruangan yang gelap.


Laporan yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyebutkan telah terjadi penomena langka yang sekaligus memberi peringatan bagi mereka yang intensitas pemakaian smartphone di dalam ruangan gelap relatif tinggi.

Dua orang wanita yang berusia 22 dan 40 tahun ini mengalami apa yang disebut transient smartphone blindness atau kebutaan sementara akibat telepon pintar selama kurang lebih satu bulan. Mereka mengeluh mengalami episode penurunan daya penglihatan selama 15 menit yang berulang ulang sepanjang hari. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, pemindaian dengan MRI dan serangkaian pemeriksaan jantung, dokter belum bisa menemukan kelainan yang dialami oleh kedua wanita ini.

Setelah dilakukan wawancara yang intensif, baru diketahui bahwa kedua wanita ini melihat layar telepon seluler dengan hanya menggunakan satu mata dan mata yang satunya ditutup dengan menggunakan bantal. Kondisi ini menyebabkan satu mata beradaptasi dengan cahaya yang keluar dari layar HP sementara mata yang satunya beradaptasi dalam suasana yang gelap (tertutup bantal).

Kebutaan sementara akibat memandang layar HP dengan satu mata di dalam suasana gelap ini tidaklah berbahaya dan sangat mudah dihindari dengan cara menggunakan kedua mata untuk memandang layar HP saat berada di dalam ruangan yang gelap.

Dr. Rahul Khurana dari American Academy of Ophthalmology, mengungkapkan hipotesis tentang kejadian yang menimpa kedua wanita ini sungguh menarik tapi tidak bisa dipakai untuk menyimpulkan bahwa penggunaan satu mata untuk memandang layar HP di dalam ruangan yang gelap dapat menyebabkan keluhan kebutaan sementara ini. Jika memang benar demikian, kemungkinan banyak pengguna HP yang mengalami penomena tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami penomena itu? Kalau iya, hentikan bermain handphone sebelum tidur di ruangan yang gelap. Sayangi mata Anda, jangan sayangi mantan Anda.


No comments:

Post a Comment