Thursday, January 12, 2017

Yuk Kita Mengikuti Gaya Hidup Sehat ala Rasulullah yang Telah Terbukti Ampuh!


ResepsehatidariBunda - Tak ada satupun orang di muka bumi ini yang mau sakit. Semua orang itu maunya hidup sehat terus sampai tua.

Meski begitu, tak semua orang mau menjaga kesehatannya. Melakukan olahraga malas. Makan apa aja nggak peduli kalau makanan itu bisa bikin diabetes, kolesterol naik, dan lemak jenuhnya banyak. Kebiasaan seperti ini nih yang bahaya banget sebenarnya.

Ada satu cara gaya hidup sehat yang bisa Anda ikuti. Yakni gaya hidup sehat ala Rasulullah.


Seperti yang sudah kita ketahui, Rasulullah SAW merupakan suri tauladan bagi umatnya. Segala sesuatu yang dilakukan oleh Beliau menjadi acuan kita dalam bertindak. Salah satu yang patut kita contoh adalah gaya hidup sehat ala Rasulullah. Apa saja? Simak ulasannya berikut:

1. Bangun sebelum subuh

Bangun pagi sebelum subuh bisa kita isi dengan salat malam. Selain itu, pagi hari adalah waktu yang paling baik dan waktu yang berkah. Bahkan Rasulullah juga khusus mendoakan umatnya seperti yang diriwayatkan dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Rasulullah SAW bersabda:

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

2. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan baik badan maupun lingkungan menjadi hal yang sangat penting. Diriwayatkan dari Malik Al Asy`ari, Rasullullah SAW bersabda kebersihan adalah sebagian dari iman.

3. Tidak pernah makan berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Rasulullah SAW bahkan Allah tidak menyukai hal-hal yang berlebihan termasuk soal makanan. Dalam Alquran Surat Al A’raf ayat 31 Allah berfirman yang bunyinya:

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

4. Gemar berjalan kaki

Akses kendaraan yang semakin mudah membuat sebagian orang malas berjalan kaki meskipun jaraknya dekat. Padahal jalan kaki mempunyai banyak manfaat, Rasulullah memiliki kebiaasaan berjalan kaki sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, dia berkata:

“Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

“Orang yang paling besar pahalanya dalam shalat ialah yang paling jauh berjalan – menujunya. Orang yang menunggu shalat sampai ia menunaikannya bersama Imam lebih besar pahalanya dari orang yang menunaikannya kemudian tidur. Dalam riwayat Abu Kuraib, “Sampai ia menunaikannya bersama Imam dalam shalat berjamaah.” (HR Muslim)

5. Penuh kasih

Rasulullah dikenal sebagai pribadi yang sangat sabar. Banyak yang mencoba menyakiti, mengejek dan melukainya tapi tidak pernah sekalipun ia mencoba membalas dendam, bahkan Rasulullah membalas dengan kasih sayang yang berlebih.

Yuk, mari kita ikuti gaya hidup ala Rasulullah ini. Semoga kita semua diberi umur panjang. AMIN !!!

No comments:

Post a Comment